Analisis Sistem Corporate Governance, Profitabilitas, Likuiditas, dan Manajemen Laba terhadap Ketepatan Waktu Corporate Internet Reporting (CIR) (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Periode 2015-2017)

Sabela, Lizza Ani (2018) Analisis Sistem Corporate Governance, Profitabilitas, Likuiditas, dan Manajemen Laba terhadap Ketepatan Waktu Corporate Internet Reporting (CIR) (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Periode 2015-2017). Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI Lizza Ani Sabela - 311629369.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Ketepatan waktu merupakan karakteristik kualitatif laporan keuangan perusahaan dan pihak manajemen bertanggung jawab atas laporan keuangan kepada stakeholder. Corporate Governance, Profitabilitas, Likuiditas, dan Manajemen Laba adalah variabel independen yang digunakan untuk menguji ketepatan waktu Corporate Internet Reporting (CIR). Variabel dependen dalam penelitian ini adalah ketepatan waktu perusahaan dalam mempublikasikan laporan keuangannya di internet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah struktur kepemilikan manajerial, struktur kepemilikan institusional, ukuran dewan komisaris, ukuran komite audit, profitabilitas, likuiditas yang semakin tinggi lebih mungkin menghasilkan Corporate Internet Reporting yang semakin tepat waktu dan apakah manajemen laba yang semakin rendah lebih mungkin menghasilkan Corporate Internet Reporting yang semakin tepat waktu. Teknik pengambilan sampel adalah dengan metode purposive sampling dan sampel berupa laporan tahunan perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Sampel yang digunakan sebanyak 96 perusahaan. Penelitian ini menemukan bahwa ukuran dewan komisaris yang lebih banyak akan lebih mematuhi peraturan Bapepam tentang kewajibannya melaporakan laporan tahunannya. Penelitian ini tidak memberikan bukti empiris untuk mendukung hubungan antara struktur kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, ukuran komite audit, profitabilitas, likuiditas, dan manajemen laba dengan tingkat ketepatan waktu perusahaan di internet.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number SAB a 6331/2018
Uncontrolled Keywords: Struktur kepemilikan manajerial, struktur kepemilikan institusional, ukuran dewan komisaris, ukuran komite audit, profitabilitas, likuiditas , manajemen laba, Corporate Internet Reporting,Ketepatan waktu
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 28 Jun 2019 06:55
Last Modified: 28 Jun 2019 06:55
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/107

Actions (login required)

View Item View Item