Perbandingan Keakuratan Model Laba Permanen, Transitori, Agregat, dan Arus Kas Operasi dalam Memprediksi Laba Masa Depan

Sandy, Mahendra Eka Kurnia (2018) Perbandingan Keakuratan Model Laba Permanen, Transitori, Agregat, dan Arus Kas Operasi dalam Memprediksi Laba Masa Depan. Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI Mahendra Eka Kurnia Sandy - 311528694.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji mengenai keakuratan model dengan komponen laba permanen, transitori, agregat, dan arus kas operasi dalam memprediksi laba masa depan pada perusahaan manufaktur dan jasa di Indonesia. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 151 perusahaan manufaktur dan jasa pada tahun 2015 dan 2016 yang telah dipilih dengan metode purposive sampling. Dalam penelitian ini dibentuk empat model prediksi untuk menghitung atau memprediksi laba masa depan. Masing-masing model prediksi dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana dengan SPSS 24. Teknik perhitungan ketepatan hasil prediksi dilakukan dengan cara menghitung tingkat kesalahan prediksi dengan menggunakan Absolute Percentage Error (APE). Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) untuk menguji APE masing-masing model prediksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa laba permanen lebih akurat dibandingkan dengan laba transitori, laba permanen tidak lebih akurat dibandingkan dengan laba agregat, laba agregat lebih akurat dibandingkan dengan laba transitori, dan arus kas operasi tidak lebih akurat dibandingkan dengan laba agregat dalam memprediksi laba masa depan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa laba agregat paling akurat dalam memprediksi laba masa depan dibandingkan laba permanen, laba transitori, dan arus kas operasi.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number SAN p 6273/2018
Uncontrolled Keywords: laba permanen, laba transitori, laba agregat, arus kas operasi, laba masa depan
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 28 Jun 2019 07:13
Last Modified: 28 Jun 2019 07:22
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/110

Actions (login required)

View Item View Item