Determinan Penerimaan Opini Audit Going Concern pada Perusahaan Jasa (Studi Empiris pada Perusahaan Perdagangan, Jasa, dan Investasi yang Terdaftar di BEI tahun 2012-2016)

Wulan, Meydia Dinta Ayu Nawang (2018) Determinan Penerimaan Opini Audit Going Concern pada Perusahaan Jasa (Studi Empiris pada Perusahaan Perdagangan, Jasa, dan Investasi yang Terdaftar di BEI tahun 2012-2016). Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI Meydia Dinta Ayu Nawang Wulan - 311528711.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Tidak hanya mengungkapkan informasi keuangan perusahaan, auditor juga memiliki peran penting lainnya yaitu mengungkapkan kelangsungan hidup (going concern) perusahaan. Pemberian opini oleh auditor mengenai kelangsungan hidup perusahaan dilakukan apabila auditor memiliki kesangsian terhadap kemampuan perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya di masa yang akan datang. Pengungkapan mengenai going concern suatu perusahaan ini sangat dibutuhkan oleh investor dan kreditor yang akan memberikan dana kepada perusahaan yang bersangkutan. Untuk itu, auditor harus berhati-hati dalam mengungkapkan opininya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, kualitas audit, opinion shopping, debt default, rasio likuiditas, rasio solvabilitas, dan financial distress terhadap penerimaan opini audit going concern pada perusahaan jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 5 tahun periode 2012-2016. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 127 perusahaan jasa (subsektor perdagangan, jasa, dan investasi) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Namun setelah digunakan metode purposive sampling, didapatkan sampel sebanyak 66 perusahaan sehingga populasi pada penelitian ini sebanyak 330 sampel. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi logistik. Hasil penelitian menggunakan tingkat signifikasi 5% menunjukkan bahwa ukuran perusahaan mempunyai pengaruh negatif terhadap penerimaan opini audit going concern dan debt default, rasio likuiditas, dan rasio solvabilitas mempunyai pengaruh positif terhadap penerimaan opini audit going concern. Sedangkan kualitas audit, opinion shopping, dan financial distress tidak memiliki pengaruh terhadap opini audit going concern.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number WUL d 6275/2018
Uncontrolled Keywords: opini audit going concern, ukuran perusahaan, kualitas audit, opinion shopping, debt default, likuiditas, solvabilitas, financial distress
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 28 Jun 2019 07:55
Last Modified: 28 Jun 2019 07:55
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/116

Actions (login required)

View Item View Item