Apakah Corporate Governance Memoderasi Pengaruh Financial Distress terhadap Manajemen Laba?

Hasmoro, Nadia Evita (2018) Apakah Corporate Governance Memoderasi Pengaruh Financial Distress terhadap Manajemen Laba? Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI Nadia Evita Hasmoro - 111426801.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh kesulitan keuangan terhadap manajemen laba yang dimoderasi oleh tata kelola perusahaan di perusahaan perbankan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2016. Kesulitan keuangan diukur dengan menggunakan Altman Z-score. Manajemen laba diukur dengan akrual diskresioner yang mengaplikasikan Model Jones dan tata kelola perusahaan terdiri atas kepemilikan institusional dan komisaris independen. Metode analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolonieritas, uji autokorelasi, uji heterokedastisitas. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil pengujian hipotesis pertama menyatakan bahwa financial distress berpengaruh positif terhadap manajemen laba. Hasil pegujian hipotesis kedua menyatakan bahwa kepemilikan institusional tidak mampu memperlemah pengaruh financial distress terhadap manajemen laba. Hasil pengujian hipotesis ketiga menyatakan bahwa komisaris independen tidak mampu memperlemah pengaruh financial distress terhadap manajemen laba.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number Has a 6350/2018
Uncontrolled Keywords: kesulitan keuangan, manajemen laba, tata kelola perusahaan, komisaris independen, kepemilikan institusional
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 28 Jun 2019 08:10
Last Modified: 28 Jun 2019 08:10
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/119

Actions (login required)

View Item View Item