Apakah Profitabilitas Memoderasi Pengaruh Kebijakan Utang dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan? (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2017)

Aini, Rara Nur (2018) Apakah Profitabilitas Memoderasi Pengaruh Kebijakan Utang dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan? (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2017). Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI Rara Nur Aini - 111427270.pdf - Published Version

Download (924kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kebijakan utang terhadap nilai perusahaan, menguji pengaruh kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan, menguji kemampuan profitabilitas dalam memoderasi pengaruh kebijakan utang terhadap nilai perusahaan dan menguji kemampuan profitabilitas dalam memoderasi pengaruh kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2017. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 48 perusahaan. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS. Hasil uji regresi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa nilai perusahaan dipengaruhi oleh variabel independen sebesar 47,1%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan utang berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, kebijakan dividen berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, profitabilitas tidak mampu memperkuat pengaruh kebijakan utang terhadap nilai perusahaan dan profitabilitas tidak mampu memperkuat pengaruh kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number AIN a 6372/2018
Uncontrolled Keywords: kebijakan utang, kebijakan dividen, profitabilitas, nilai perusahaan, debt equity ratio (DER), dividend payout ratio (DPR), return on asset (ROA)
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 28 Jun 2019 10:06
Last Modified: 28 Jun 2019 10:06
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/126

Actions (login required)

View Item View Item