Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media terhadap Keputusan Pembelian yang Dimediasi Word of Mouth Marketing (Studi pada Warung Kopi Bardiman di Sleman Yogyakarta)

Saputra, Adi Noor (2018) Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media terhadap Keputusan Pembelian yang Dimediasi Word of Mouth Marketing (Studi pada Warung Kopi Bardiman di Sleman Yogyakarta). Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI Adi Noor Saputra - 211427048.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Banyaknya kedai-kedai, coffee shop, atau warung kopi di Kota Yogyakarta membuat persaingan semakin ketat. Kendala yang dihadapi Warung Kopi Bardiman adalah kurangnya informasi yang didapatkan konsumen melalui social media tentang produk makanan dan minuman yang ada di Warung kopi Bardiman. Informasi tentang produk merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian. Informasi yang didapat oleh konsumen baik positif maupun negatif akan mempengaruhi persepsi konsumen terhadap suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi promosi melalui social media terhadap keputusan pembelian yang dimediasi word of mouth marketing. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survei. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan non probability sampling dengan metode purposive sampling. Dengan mengambil sampel sebanyak 145 responden. Data diolah dengan menggunakan SPSS 15 for windows evaluation version. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah uji regresi, path analysis (analisis jalur), dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif strategi promosi melalui social media terhadap keputusan pembelian di Warung Kopi Bardiman Kota Yogyakarta. Hal ini dapat dibuktikan dari t hitung sebesar 5,569 dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,422, (2) Terdapat pengaruh positif strategi promosi melalui social media terhadap word of mouth marketing di Warung Kopi Bardiman Kota Yogyakarta. Hal ini dapat dibuktikan dari t hitung sebesar 5,214 dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,367, (3) Terdapat pengaruh positif word of mouth marketing terhadap keputusan pembelian di Warung Kopi Bardiman Kota Yogyakarta. Hal ini dapat dibuktikan dari t hitung sebesar 7,653 dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,587, (4) Terdapat pengaruh strategi promosi melalui social media yang dimediasi word of mouth marketing terhadap keputusan pembelian di Warung Kopi Bardiman KotaYogyakarta. Hal ini dibuktikan dari nilai hitung Z = 3,93 lebih besar daripada nilai kritis Z = 1,96 dengan tingkat signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number SAP p 6296/2018
Uncontrolled Keywords: promosi, social media, word of mouth marketing, keputusan pembelian
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 01 Jul 2019 06:49
Last Modified: 01 Jul 2019 06:49
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/149

Actions (login required)

View Item View Item