Pengaruh Literasi Keuangan Digital, Perilaku Keuangan Dan Impulsive Buying Terhadap Kerentanan Keuangan Dengan Pay Later Sebagai Pemoderasi

Pramesti, Nataza Intan (2023) Pengaruh Literasi Keuangan Digital, Perilaku Keuangan Dan Impulsive Buying Terhadap Kerentanan Keuangan Dengan Pay Later Sebagai Pemoderasi. Jurnal thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN Yogyakarta.

[img] Text
Tesis dan Jurnal_Nataza Intan.pdf

Download (803kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi keuangan digital, perilaku keuangan dan impulsive buying terhadap kerentanan keuangan dengan Paylater sebagai pemoderasi. Jenis data pada penelitian ini adalah data primer dalam bentuk kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Indonesia yang menggunakan teknologi keuangan berbasis Paylater. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sebanyak 301 responden. Analisis regresi berganda digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan digital dan perilaku keuangan berpengaruh negatif terhadap kerentanan keuangan. Sedangkan impulsive buying berpengaruh positif terhadap kerentanan keuangan. Semakin baik literasi keuangan digital dan perilaku keuangan seseorang maka semakin baik juga pengelolaan keuangan yang dihasilkan oleh individu sehingga mengurangi kerentanan keuangan, sedangkan seseorang yang memiliki sikap impulsive buying yang tinggi akan menyebabkan seseorang rentan terhadap finansial.

Item Type: Thesis (Jurnal)
Additional Information: Tesis dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number PRA P 566/2023
Uncontrolled Keywords: literasi keuangan digital, perilaku keuangan, impulsive buying, Paylater, kerentanan keuangan.
Subjects: AKUNTANSI > Akuntansi Keuangan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Jurnal Tesis Magister Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email webmaster@stieykpn.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2023 07:36
Last Modified: 26 Sep 2023 07:36
URI: http://repositorybaru.stieykpn.ac.id/id/eprint/1806

Actions (login required)

View Item View Item