Peran Corporate Governance dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening

Suparti, Shofia (2018) Peran Corporate Governance dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening. Jurnal thesis, STIE YKPN.

[img] Text
JURNAL Shofia Suparti - 221500464.pdf - Published Version

Download (525kB)

Abstract

Sebagai suatu entitas perusahaan didirikan memiliki tujuan yaitu untuk meningkatkan nilai perusahaan, sehingga dapat memberikan kemakmuran bagi para pemegang saham. Untuk mencapai hal ini, salah satu hal penting perusahaan adalah struktur modal. Kemudian, Good Corporate Governance (GCG) dan profitabilitas juga merupakan upaya penting untuk meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh peran corporate governance dan struktur modal terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening pada perusahaan manufaktur. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2009-2016 yang berjumlah 143 perusahaan, dengan pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan metode ini, diperoleh sampel sebanyak 55 perusahaan. Alat analisis untuk menguji hipotesis adalah path analysis dengan software AMOS versi 24. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dewan direksi, kepemilikan institusional, dan struktur modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas; komite audit berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas; komisaris independen dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas; profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan; komisaris independen, dewan direksi, komite audit, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan struktur modal tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa profitabilitas mampu memediasi pengaruh dewan direksi, komite audit, dan struktur modal terhadap nilai perusahaan, tetapi tidak mampu memediasi pengaruh komisaris independen, kepemilikan institusional, dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Jurnal)
Additional Information: Tesis dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number Sup p 367/2018
Uncontrolled Keywords: good corporate governance, struktur modal, profitabilitas, nilai perusahaan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Jurnal Tesis Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 03 Jul 2019 04:37
Last Modified: 03 Jul 2019 04:37
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/185

Actions (login required)

View Item View Item