Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Underpricing pada Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Abdullah, Yanuar Rifqi (2018) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Underpricing pada Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal thesis, STIE YKPN.

[img] Text
JURNAL Yanuar Rifqi Abdullah - 221500463.pdf - Published Version

Download (660kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel keuangan (ROA, Leverage, dan EPS) dan variabel non keuangan (Harga Saham Perdana, Reputasi Underwriter, Persentase Saham yang Ditawarkan kepada Publik, dan Waktu IPO) terhadap Underpricing, dengan ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol untuk variabel keuangan dan umur perusahaan sebagai variabel kontrol untuk variabel non keuangan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2009-2016. Pemilihan sampel ini menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan metode ini, diperoleh sampel perusahaan sebanyak 87 perusahaan. Alat analisis untuk menguji hipotesis adalah dengan software IBM SPSS versi 24. Metode analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji t, dan uji determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel keuangan (ROA, Leverage, dan EPS) tidak berpengaruh signifikan terhadap Underpricing pada perusahaan manufaktur. Sedangkan secara parsial variabel keuangan ROA berpengaruh signifikan pada tingkat signifikansi 10% terhadap Underpricing, tetapi Leverage dan EPS tidak berpengaruh signifikan terhadap Underpricing pada perusahaan non manufaktur. Secara parsial variabel non keuangan (Harga Saham Perdana, Persentase Saham yang Ditawarkan kepada Publik, dan Waktu IPO) berpengaruh signifikan pada tingkat signifikansi 5% terhadap Underpricing, tetapi Reputasi Underwriter tidak berpengaruh signifikan terhadap Underpricing pada perusahaan manufaktur. Sedangkan secara parsial variabel non keuangan (Harga Saham Perdana, Reputasi Underwriter, Persentase Saham yang Ditawarkan kepada Publik, dan Waktu IPO) tidak berpengaruh signifikan terhadap Underpricing pada perusahaan non manufaktur.

Item Type: Thesis (Jurnal)
Additional Information: Tesis dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number Abd f 368/2018
Uncontrolled Keywords: ROA, leverage, EPS, harga saham perdana, reputasi underwriter, persentase saham yang ditawarkan kepada publik, waktu IPO, underpricing, manufaktur, non manufaktur
Divisions: Program Pasca Sarjana > Jurnal Tesis Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 03 Jul 2019 04:40
Last Modified: 03 Jul 2019 04:40
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/186

Actions (login required)

View Item View Item