Pengaruh Celebrity Endorsement, Celebrity Attributes, Brand Image dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Media Sosial Instagram

Nathasya, Vicky (2022) Pengaruh Celebrity Endorsement, Celebrity Attributes, Brand Image dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Media Sosial Instagram. Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
Ringkasan Skripsi Vicky Nathasya 211931038.pdf

Download (5MB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu pengguna internet terbesar secara global dan sebagian besar menggunakan media sosial. Salah satu media sosial yang popular di Indonesia ialah Instagram. Melalui Instagram, perusahaan dapat melakukan pemasaran menggunakan celebrity sebagai endorser. Celebrity endorsement digunakan untuk menarik perhatian konsumen sehingga mampu memberikan dampak positif terhadap produk, salah satunya untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Selain mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, persepsi konsumen terhadap celebrity merupakan hal yang penting. Persepsi konsumen terhadap celebrity ditentukan dengan menilai celebrity attributes seperti daya tarik, keahlian dan kepercayaan. Selain pengaruh dari celebrity, salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen ialah brand image. Saat ini, banyak perusahaan yang membangun brand image dengan memanfaatkan Instagram sebagai sarana untuk membangun kepercayaan konsumen. Media social Instagram digunakan konsumen salah satunya untuk memberikan review pada produk sehingga menjadi bahan pertimbangan konsumen lainnya untuk membeli produk tersebut. Fenomena tersebut didefinisikan sebagai E-WOM (Electronic Word of Mouth). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorsement, celebrity attributes, brand image dan E-WOM terhadap keputusan pembelian melalui media sosial Instagram. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner yang dibuat menggunakan google form secara online. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel yang digunakan sebesar 298 orang responden. Data-data tersebut dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 26 for MacOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel celebrity endorsement, celebrity attributes, brand image dan E-WOM berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui media sosial Instagram.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number NAT P 7543/2022
Uncontrolled Keywords: celebrity endorsement, celebrity attributes, brand image, E-WOM, keputusan pembelian.
Subjects: MANAJEMEN > Pemasaran dan Periklanan
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email webmaster@stieykpn.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2022 01:31
Last Modified: 17 Nov 2022 01:31
URI: http://repositorybaru.stieykpn.ac.id/id/eprint/196

Actions (login required)

View Item View Item