Pengaruh Kebijakan Dividen, pertumbuhan Perusahaan, dan Risiko Bisnis terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Mediasi

Irawati, Anggit Esti (2018) Pengaruh Kebijakan Dividen, pertumbuhan Perusahaan, dan Risiko Bisnis terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Mediasi. Jurnal thesis, STIE YKPN.

[img] Text
JURNAL Anggit Esti Irawati - 121500468.pdf - Published Version

Download (901kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji bukti empiris pengaruh kebijakan dividen, pertumbuhan perusahaan, dan risiko bisnis terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2012-2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Total sampel yang sesuai dengan kriteria yaitu sebanyak 265 dan metode analisis menggunakan alat statistik Partial Least Square (PLS) dengan software WarpPLS 5.0. Variabel eksogen dalam penelitian ini yaitu kebijakan dividen (DPR), pertumbuhan perusahaan (SGT), dan risiko bisnis (RBS). Variabel endogen dalam penelitian ini yaitu nilai perusahaan (NPN) yang dihitung menggunakan rumus Tobin’s Q, sementara struktur modal (DER) sebagai variabel mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan dividen berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, pertumbuhan perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan, risiko bisnis berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan jika tidak dimediasi oleh struktur modal. Struktur modal mampu memediasi pengaruh kebijakan dividen, pertumbuhan perusahaan, dan risiko bisnis terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Jurnal)
Additional Information: Tesis dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number Ira p 379/2018
Uncontrolled Keywords: kebijakan dividen, pertumbuhan perusahaan, risiko bisnis, nilai perusahaan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Jurnal Tesis Magister Akuntansi
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 05 Jul 2019 01:52
Last Modified: 05 Jul 2019 01:52
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/207

Actions (login required)

View Item View Item