Apakah Carbon Emission Disclosure Memoderasi Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan?

Falih, Zaki Naufal (2018) Apakah Carbon Emission Disclosure Memoderasi Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan? Jurnal thesis, STIE YKPN.

[img] Text
JURNAL Zaki Naufal Falih - 121600496.pdf - Published Version

Download (978kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji carbon emission disclosure dalam memoderasi pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan likuiditas terhadap nilai perusahaan. Sampel perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang minyak, gas dan batubara sebagai anggota Non Annex 1 yang terdaftar dalam database Osiris. Periode penelitian sesuai dengan komitmen kedua Protokol Kyoto yang dimlai pada tahun 2013 hingga tahun 2016. Pengukuran carbon emission disclosure menggunakan checklist yang dikembangkan berdasarkan CDP (Carbon Disclosure Project). Penilaian luasnya pengungkapan yang dilakukan menggunakan metode analisis konten. Variabel independen dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan, profitabilitas dan likuiditas. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan sedangkan variabel moderasi pada penelitian ini adalah carbon emission disclosure. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan aplikasi Warp PLS 4.0. Hasil uji menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan likuiditas terhadap nilai perusahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan. Namun, profitabilitas memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan carbon emission disclosure memoderasi pengaruh ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan, namun carbon emission disclosure tidak memoderasi pengaruh likuiditas terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Jurnal)
Additional Information: Tesis dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number Fal a 372/2018
Uncontrolled Keywords: ukuran perusahaan, profitabilitas, likuiditas, carbon emission disclosure, nilai perusahaan
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 05 Jul 2019 07:38
Last Modified: 05 Jul 2019 07:38
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/234

Actions (login required)

View Item View Item