Determinan Pengungkapan Sistem Pengendalian Internal dan Dampaknya terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2016)

Jati, Andi Tri (2017) Determinan Pengungkapan Sistem Pengendalian Internal dan Dampaknya terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2016). Jurnal thesis, STIE YKPN.

[img] Text
JURNAL Andi Tri Jati - 121500455.pdf - Published Version

Download (831kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan Sistem Pengendalian Internal (SPI) dan dampaknya terhadap Nilai Perusahaan. Faktor-faktor yang diuji di dalam penelitian ini adalah ukuran dewan komisaris, proporsi dewan komisaris independen, rapat dewan komisaris, ukuran komite audit dan rapat komite audit. Penelitian ini dilakukan menggunakan analisis konten dari laporan tahunan perusahaan manufaktur di Indonesia pada tahun 2012-2016. Penelitian ini menemukan bahwa ukuran dewan komisaris, proporsi dewan komisaris independen, rapat dewan komisaris, ukuran komite audit berpengaruh positif terhadap pengungkapan SPI. Lebih lanjut lagi, pengungkapan SPI telah terbukti meningkatkan nilai perusahaan. Temuan lainnya adalah rapat komite audit berpengaruh negatif terhadap luas pengungkapan SPI. Berdasarkan temuan diatas dapat disimpulkan bahwa dewan komisaris dan komite audit mendorong perusahaan untuk melakukan pengungkapan SPI sebagai cara mengurangi masalah keagenan. Pengungkapan SPI terbukti dapat digunakan sebagai mekanisme pengawasan yang digunakan oleh stakeholder dalam pembuatan keputusan yang berkaitan dengan perusahaan.

Item Type: Thesis (Jurnal)
Additional Information: Tesis dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number JAT d 359/2017
Uncontrolled Keywords: sistem pengendalian internal, corporate governance, nilai perusahaan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Jurnal Tesis Magister Akuntansi
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 08 Jul 2019 02:37
Last Modified: 08 Jul 2019 02:37
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/238

Actions (login required)

View Item View Item