Pengaruh Investment Opportunity Set dan Struktur Modal terhadap Return Saham dengan Kinerja Keuangan sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia

Homer, Rosalina Evelince (2017) Pengaruh Investment Opportunity Set dan Struktur Modal terhadap Return Saham dengan Kinerja Keuangan sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal thesis, STIE YKPN.

[img] Text
JURNAL Rosalina Evelince Homer - 121300407.pdf - Published Version

Download (934kB)

Abstract

Pertumbuhan perusahaan akan menciptakan banyak pilihan investasi (investment option) yang dapat dilakukan perusahaan di masa akan datang. Pilihan investasi ini kemudian dikenal dengan istilah Investment Opportunity Set. Dana yang digunakan untuk melakukan pilihan investasi bukan hanya berasal dari modal dalam perusahaan sendiri melainkan juga dari penjualan saham yang melibatkan investor. Dari jumlah dana yang ditanamkan investor, tentunya investor mengharapkan nilai return yang tinggi dari investasi yang mereka tanamkan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Investment Opportunity Set dan struktur modal terhadap return saham dengan kinerja keuangan sebagai variabel intervening pada perusahaan manufaktur di bursa efek Indonesia. Proksi Investment Opportunity Set yang digunakan adalah Market to Book Value of Assets (MKTBKASS), Market to Book Value of Equity (MKTBKEQ), rasio EPS/Price dan Capital Expenditures to Book Value of Asset (CAPBVA). Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dalam pengambilan sampel penelitian dan dilakukan selama 4 tahun pengamatan yaitu tahun 2012-2015, dan terpilih sebanyak 30 sampel perusahaan manufaktur. Pengujian terhadap variabel penelitian dilakukan dengan menggunakan AMOS. Hal ini menunjukkan bahwa semakin besar aset yang digunakan perusahaan dalam menjalankan usahanya dan semakin baik kemampuan perusahaan dalam mendapatkan dan mengelola modalnya maka akan berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham perusahaan sektor manufaktur.

Item Type: Thesis (Jurnal)
Additional Information: Tesis dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number HOM p 360/2017
Uncontrolled Keywords: investment opportunity set, struktur modal, return saham, kinerja keuangan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Jurnal Tesis Magister Akuntansi
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 08 Jul 2019 04:19
Last Modified: 08 Jul 2019 04:19
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/251

Actions (login required)

View Item View Item