Pengaruh Tenur Auditor, Fee Audit Abnormal dan Reputasi Auditor terhadap Pemberian Opini Going Concern dengan Kualitas Audit sebagai Variabel Mediasi

Santoso, Tiara Rani (2017) Pengaruh Tenur Auditor, Fee Audit Abnormal dan Reputasi Auditor terhadap Pemberian Opini Going Concern dengan Kualitas Audit sebagai Variabel Mediasi. Jurnal thesis, STIE YKPN.

[img] Text
JURNAL Tiara Rani Santoso - 121500471.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Meningkatnya kecurangan terhadap laporan keuangan dan sedikitnya kecurangan yang dapat diungkap oleh auditor menunjukkan masih rendahnya peran auditor eksternal dalam memberikan laporan auditan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tenur auditor, fee audit abnormal dan reputasi auditor terhadap pemberian opini going concern yang dimediasi oleh kualitas audit. Sampel terdiri atas 37 perusahaan yang terdaftar di BEI dari tahun 2012 sampai 2016. Teknik analisis data menggunakan SEM berbasis PLS. Hasil pengujian pengaruh tidak langsung menunjukkan bahwa tenur auditor dan reputasi auditor berpengaruh positif terhadap kualitas audit, sedangkan fee audit abnormal berpengaruh negatif terhadap kualitas audit serta kualitas audit berpengaruh negatif terhadap pemberian opini going concern. Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa kondisi keuangan perusahaan tidak memoderasi pengaruh kualitas audit terhadap pemberian opini going concern.

Item Type: Thesis (Jurnal)
Additional Information: Tesis dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number SAN p 358/2017
Uncontrolled Keywords: tenur auditor, fee audit abnormal, reputasi auditor, going concern, kualitas audit
Divisions: Program Pasca Sarjana > Jurnal Tesis Magister Akuntansi
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 08 Jul 2019 04:30
Last Modified: 08 Jul 2019 04:30
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/253

Actions (login required)

View Item View Item