Pengukuran Kinerja dangan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard pada Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Wonosari)

Zainal, Ahmad (2017) Pengukuran Kinerja dangan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard pada Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Wonosari). Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI Ahmad Zainal - 111325882.pdf - Published Version

Download (589kB)

Abstract

Pada era kompetisi bisnis yang semakin kompleks dibutuhkanlah suatu metode pengukuran kinerja yang mencakup berbagai aspek untuk mewujudkan sasaran-sasaran kerja yang telah ditentukan oleh manajemen. Salah satu metode pengukuran kinerja tersebut adalah Balanced Scorecard. Balanced Scorecard merupakan metode pengukuran kinerja yang mengukur kinerja perusahaan dari empat perspektif, yaitu: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Penulis melakukan pengukuran kinerja pada salah satu instansi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yaitu SMKN 2 Wonosari di Kabupaten Gunungkidul. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa data keuangan untuk perspektif keuangan, data siswa-siswa untuk perspektif pelanggan, data hasil evaluasi diri dan instrumen akreditasi untuk perspektif proses bisnis internal, data kepegawaian dalam perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, serta data sekunder lain yang dibutuhkan sebagai pendukung perspektif-perspektif tersebut. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan Balanced Scorecard diketahui bahwa kinerja SMKN 2 Wonosari Kabupaten Gunungkidul secara keseluruhan sudah baik, hal tersebut ditunjukkan dengan perolehan nilai Scorecard yang dihasilkan dari masing-masing perspektif. Rata-rata perolehan skor masing-masing perspektif adalah 1 (satu) dengan kriteria penilaian Baik. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa kinerja SMKN 2 Wonosari termasuk dalam kriteria Baik, dengan beberapa saran dan perbaikan yang perlu dilakukan.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number ZAI p 6243/2017
Uncontrolled Keywords: pengukuran kinerja, balanced scorecard, lembaga pendidikan, sekolah
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 11 Jul 2019 01:42
Last Modified: 11 Jul 2019 01:42
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/306

Actions (login required)

View Item View Item