Pengaruh Persepsi Manfaat, Keamaan dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Penggunaan E-Filing dalam dalam Pelaporan SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi di Indonesia

Widiyatmoko, Ananda Rio (2017) Pengaruh Persepsi Manfaat, Keamaan dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Penggunaan E-Filing dalam dalam Pelaporan SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi di Indonesia. Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI Ananda Rio Widiyatmoko - 111325957.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh persepsi manfaat terhadap minat penggunaan e-filing. (2) Pengaruh keamanan terhadap minat penggunaan e-filing. (3) Pengaruh kemudahan penggunaan terhadap minat penggunaan e-filing. (4) Pengaruh persepsi manfaat, keamanan dan kemudahan penggunaan terhadap minat penggunaan e-filing. Penelitian ini termasuk penelitian survei. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan kuesioner (angket). Responden dalam penelitian ini adalah guru-guru sebagai Wajib Pajak Orang Pribadi yang menggunakan e-filing pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Magelang. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan pendekatan non probabilitas dengan menggunakan purposive sampling. Uji coba instrumen dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Persepsi manfaat berpengaruh positif terhadap minat penggunaan e-filing. Hal ini ditunjukkan dengan Wajib Pajak merasa bahwa dengan adanya e-filing menjadikan waktunya dalam melaporkan SPT tahunan lebih efektif. (2) Keamanan berpengaruh positif terhadap minat penggunaan e-filing. Hal ini ditunjukkan dengan adanya jaminan keamanan dan kerahasiaan data pribadi oleh kantor pajak. Hal tersebut membuat Wajib Pajak yakin dalam melaporkan SPT tahunan melalui sistem e-filing (3) Kemudahan penggunaan berpengaruh positif terhadap minat penggunaan e-filing. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kemudahan yang dirasakan oleh Wajib Pajak dalam melaporkan SPT tahunan melalui sistem e-filing karena Wajib Pajak hanya tinggal mengikuti langkah-langkah yang ada pada layanan e-filing. (4) Persepsi manfaat, keamanan dan kemudahan penggunaan berpengaruh positif terhadap minat penggunaan e-filing. Hal ini ditunjukkan dengan adanya layanan e-filing Wajib Pajak merasakan waktunya dalam melaporkan SPT tahunan lebih efektif, dijamin keamanan dan kerahasiaan data pribadi oleh kantor pajak, dan mudah dalam menggunakan e-filing. Hal tersebut membuat Wajib Pajak memilih menggunakan sistem e-filing dalam melaporkan SPT tahunannya.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number WID p 6242/2017
Uncontrolled Keywords: persepsi manfaat, keamanan, kemudahan penggunaan, minat penggunaan e-filing
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 11 Jul 2019 01:57
Last Modified: 11 Jul 2019 01:57
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/308

Actions (login required)

View Item View Item