Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Berkarir sebagai Akuntan Publik

Hendrik, Dhenayu Tresnadya (2017) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Berkarir sebagai Akuntan Publik. Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI Dhenayu Tresnadya Hendrik - 111225159.pdf - Published Version

Download (531kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kemampuan akademik, gender, penghargaan finansial, pertimbangan pasar kerja, dan persyaratan menjadi akuntan terhadap minat mahasiswa akuntansi berkarir sebagai akuntan publik. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling pada mahasiswa PPAk dan mahasiswa S1 di STIE YKPN Yogyakarta sebagai sampel. Terdapat 92 mahasiswa akuntansi yang menjadi responden. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan akademik, penghargaan finansial, dan pertimbangan pasar kerja berpengaruh positif signifikan terhadap minat berkarir sebagai akuntan publik. Persyaratan menjadi akuntan menunjukkan pengaruh negatif signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi berkarir sebagai akuntan publik, sedangkan gender tidak berpengaruh signifikan. Semua variabel yang diuji berpengaruh secara simultan terhadap minat mahasiswa akuntansi berkarir sebagai akuntan publik dengan nilai Adjusted R2 sebesar 27,0%, sedangkan 73,0% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan oleh model penelitian ini. Variabel yang paling berpengaruh dalam hasil penelitian ini adalah penghargaan finansial dengan nilai koefisian beta sebesar 0,618.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number HEN a 6237/2017
Uncontrolled Keywords: kemampuan akademik, gender, penghargaan finansial, pertimbangan pasar kerja, persyaratan menjadi akuntan, pemilihan karir sebagai akuntan publik
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 11 Jul 2019 03:04
Last Modified: 11 Jul 2019 03:04
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/320

Actions (login required)

View Item View Item