Analisis Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, dan Aktivitas terhadap Return on Assets sebelum dan sesudah Kurs Rupiah Melemah (Studi pada Perusahaan Textile yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Adaninggar, Galuh Ajeng (2017) Analisis Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, dan Aktivitas terhadap Return on Assets sebelum dan sesudah Kurs Rupiah Melemah (Studi pada Perusahaan Textile yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI Galuh Ajeng Adaninggar - 111325924.pdf - Published Version

Download (651kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh rasio likuiditas, solvabilitas, dan aktivitas terhadap return on assets sebelum dan sesudah kurs rupiah melemah pada perusahaan textile. Penelitian ini mengambil data tahun 1993-1997 dan tahun 2011-2015. Metode pemilihan sampel yang digunakan penelitian ini adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang dikumpulkan dari Bursa Efek Indonesia yang terdiri dari data current ratio, debt to equity ratio dan total assets turnover. Data yang digunakan adalah data panel. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada periode tahun 2011-2015 secara parsial variabel debt to equity ratio dan total assets turnover berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap return on assets dan variabel current ratio berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap return on assets. Sedangkan untuk periode tahun 1993-1997, current ratio secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan. Untuk variable debt to equity ratio dan total assets turnover berpengaruh positif dan signifikan. Hasil uji secara simultan dengan alpha (α) 0.05 menunjukkan bahwa secara bersamasama ketiga tidak berpengaruh positif signifikan terhadap return on assets untuk periode tahun 2011-2015. Sedangkan untuk periode tahun 1992-1997 secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap return on assets.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number ADA a 6254/2017
Uncontrolled Keywords: current ratio, debt to equity ratio, total assets turnover, return on assets
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 11 Jul 2019 03:50
Last Modified: 11 Jul 2019 03:50
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/329

Actions (login required)

View Item View Item