Pengaruh PAD, DBH, DAU, DAK, dan Luas Wilayah terhadap Pertumbuhan Ekonomi dengan Belanja Modal sebagai Variabel Intervening (Studi pada Kabupaten dan Kota di Pulau Jawa Tahun 2012-2015)

Rahman, Mifta Maulana (2017) Pengaruh PAD, DBH, DAU, DAK, dan Luas Wilayah terhadap Pertumbuhan Ekonomi dengan Belanja Modal sebagai Variabel Intervening (Studi pada Kabupaten dan Kota di Pulau Jawa Tahun 2012-2015). Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI Mifta Maulana Rahman - 111326502.pdf - Published Version

Download (983kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, dan Luas Wilayah terhadap Belanja Modal dan pengaruh Belanja Modal terhadap Pertumbuhan Ekonomi, serta pengaruh langsung dan tidak langsung Pendapatan Asli Daerah, Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, dan Luas Wilayah terhadap Pertumbuhan Ekonomi dengan Belanja Modal sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan pada seluruh kabupaten dan kota di Pulau Jawa. Data yang digunakan adalah data sekunder yang meliputi: Realisasi APBD tahun 2012-2015, data PDRB tahun 2011-2015, dan data wilayah administrasi pemerintahan. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan software EViews 9.5 Student Lite. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PAD, DBH, DAU, dan Luas Wilayah berpengaruh positif dan signifikan terhadap realisasi Belanja Modal, sedangkan DAK berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap realisasi Belanja Modal, sementara realisasi Belanja Modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Pada analisis pengaruh langsung, PAD berpengaruh positif signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi, DBH dan DAK berpengaruh negatif signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi, DAU dan Luas Wilayah berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Analisis tidak langsung menunjukkan bahwa apabila dibandingkan secara keseluruhan, variabel Belanja Modal memperlemah hubungan antara variabel independen (PAD, DBH, DAU, DAK, dan Luas Wilayah) terhadap variabel dependen (Pertumbuhan Ekonomi). Apabila dibandingkan secara parsial, variabel Belanja Modal hanya memperkuat hubungan antara variabel DBH dengan variabel Pertumbuhan Ekonomi. Di sisi lain, variabel Belanja Modal memperlemah hubungan antara PAD, DAU, DAK, dan Luas Wilayah terhadap variabel Pertumbuhan Ekonomi.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number RAH p 6256/2017
Uncontrolled Keywords: pendapatan asli daerah (PAD), dana bagi hasil (DBH), dana alokasi umum (DAU), dana alokasi khusus (DAK), luas wilayah (LUAS), belanja modal (BEM), pertumbuhan ekonomi (PTE)
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 11 Jul 2019 04:38
Last Modified: 11 Jul 2019 04:38
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/338

Actions (login required)

View Item View Item