Pengaruh Profitabilitas dan Leverage terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi empiris pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015)

Ekatami, Putri Pramesti (2017) Pengaruh Profitabilitas dan Leverage terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi empiris pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015). Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI Putri Pramesti Ekatami - 111326086.pdf - Published Version

Download (619kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh profitabilitas terhadap pengungkapan Corporate social responsibility (CSR). Tujuan kedua untuk meneliti pengaruh leverage terhadap pengungkapan CSR. Penelitian ini menggunakan perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015. Sampel Penelitian ini diambil secara purposive sampling, dengan jumlah sampel akhir 63 laporan tahunan perusahaan sektor pertambangan tahun 2013-2015. Metode analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Alat pengolahan statistik yang digunakan adalah SPSS Versi 21. Variabel independen penelitian profitabilitas menggunakan pengukuran return on assets (ROA), sedangkan variabel leverage menggunakan debt to assets. Corporate social responsibility sebagai variabel independen menggunakan GRI-G4 sebagai alat ukur. Pengukuran CSR menggunakan metode content analysis. Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan. Pertama menunjukan bahwa profitabilitas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pengungkapan CSR. Leverage berpengaruh Negatif signifikan. Hasil penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa profitabilitas diukur dengan ROA tidak berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Sedangkan leverage yang diukur dengan debt to assets berpengaruh terhadap pengungkapan CSR pada periode laporan tahunan perusahaan.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number EKA p 6220/2017
Uncontrolled Keywords: profitabilitas, leverage, roa, debt to assets, corporate social responsibility, content analysis, purposive sampling, gri-g4
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 11 Jul 2019 06:38
Last Modified: 11 Jul 2019 06:38
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/346

Actions (login required)

View Item View Item