Analisis Pengaruh PAD, DBH, DAK, dan SiLPA terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah dengan Realisasi Belanja Modal sebagai Variabel Intervening (Studi pada Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah)

Shidiq, Muhammad Fajar (2016) Analisis Pengaruh PAD, DBH, DAK, dan SiLPA terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah dengan Realisasi Belanja Modal sebagai Variabel Intervening (Studi pada Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah). Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI Muhammad Fajar Shidiq - 111225032.pdf - Published Version

Download (904kB)

Abstract

Upaya yang perlu dilakukan pemerintah daerah dalam meningkatkan pelayanan publik adalah dengan menganggarkan dana untuk belanja modal. Pendanaan belanja modal berasal dari pendapatan daerah dan pembiayaan daerah. Pengoptimalan penerimaan daerah berasal dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Selisih Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA). Peran realisasi belanja modal dalam meningkatkan pelayanan publik terlihat dari tersedianya sarana dan prasarana publik yang dapat memperlancar kegiatan ekonomi masyarakat sehingga pada akhirnya akan memacu pertumbuhan ekonomi daerah. Tujuan penelitian adalah memberikan bukti empiris mengenai pengaruh positif Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), dan Selisih Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) terhadap realisasi belanja modal serta pengaruh positif realisasi belanja modal terhadap pertumbuhan ekonomi daerah dengan pertumbuhan penduduk dan rata-rata lama sekolah sebagai variabel kontrol. Metode penelitian menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PAD berpengaruh positif terhadap realisasi belanja modal, sedangkan DBH, DAU, DAK, dan SiLPA tidak berpengaruh terhadap realisasi belanja modal. Realisasi Belanja Modal sebagai variabel intervening tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number Faj a 6180/2016
Uncontrolled Keywords: pendapatan asli daerah (PAD), dana alokasi umum (DAU), dana alokasi khusus (DAK), selisih lebih perhitungan anggaran (SILPA), belanja modal (BM), pertumbuhan penduduk (PP), rata-rata lama sekolah (RLS), pertumbuhan ekonomi (PE)
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 15 Jul 2019 07:58
Last Modified: 15 Jul 2019 07:58
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/377

Actions (login required)

View Item View Item