Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TSP) di Dalam Laporan Tahunan

Amelia, Nadia (2016) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TSP) di Dalam Laporan Tahunan. Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI Nadia Amelia - 311326653.PDF - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang memengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (TSP) di dalam laporan tahunan yang diterbitkan oleh perusahaan manufaktur. Pengungkapan TSP menggunakan indikator dari Global Reporting Initiative (GRI) yang terdiri dari 79 item. Faktor-faktor yang diteliti adalah profitabilitas, leverage, kepemilikan institusional, ukuran perusahaan, proporsi komisaris independen, ukuran komite audit, kualitas audit, dan pengungkapan media. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam periode 2012-2014. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan metode purposive sampling, diperoleh jumlah sampel sebanyak 70 perusahaan. Alat analisis untuk menguji hipotesis yaitu analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, kualitas audit, dan leverage berpengaruh positif dan signifikan. Variabel proporsi komisaris independen menunjukkan pengaruh negatif dan signifikan. Penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas, kepemilikan institusional, ukuran komite audit, dan pengungkapan media tidak berpengaruh terhadap pengungkapan TSP.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number Ame a 6155/2016
Uncontrolled Keywords: tanggung jawab sosial perusahaan, profitabilitas, leverage, kepemilikan institusional, ukuran perusahaan, proporsi komisaris independen, ukuran komite audit, kualitas audit, pengungkapan media
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 15 Jul 2019 08:06
Last Modified: 15 Jul 2019 08:06
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/378

Actions (login required)

View Item View Item