Penerapan Balanced Scorecard sebagai Salah Satu Tolok Ukur dalam Pengukuran Kinerja (Studi Kasus pada RSUD Tidak Kota Magelang)

Pramadani, Okky (2016) Penerapan Balanced Scorecard sebagai Salah Satu Tolok Ukur dalam Pengukuran Kinerja (Studi Kasus pada RSUD Tidak Kota Magelang). Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI Okky Pramadani - 311326466.PDF - Published Version

Download (914kB)

Abstract

Pengukuran kinerja merupakan suatu hal penting bagi sebuah unit bisnis. Ini dikarenakan pengukuran kinerja dapat digunakan untuk menilai keberhasilan suatu perusahaan. Selain itu juga dapat dipergunakan untuk melakukan penyusunan strategi-strategi bisnis yang cocok. Selama ini pengukuran kinerja yang sering digunakan adalah pengukuran kinerja yang hanya mengukur kinerja keuangan, tidak dapat mengambarkan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Pengukuran kinerja keuangan hanya menilai kinerja untuk jangka pendek dan tidak memperhitungkan harta-harta tak nampak yang dimiliki rumah sakit. Dengan adanya kekurangan tersebut, maka diciptakan suatu metode pengukuran kinerja yang mempertimbangkan aspek keuangan dan non-keuangan yang dikenal dengan istilah Balanced Scorecard. Pengukuran kinerja Balanced Scorecard menyangkut empat perspektif yaitu : Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal dan Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan. Peneliti memilih RSUD Tidar Kota Magelang karena ingin mengetahui bagaimana RSUD Tidar Magelang dengan Balanced Scorecard. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja RSUD Tidar Kota Magelang dilihat dari perspektif keuangan sudah baik, perspektif pelanggan baik, perspektif bisnis internal kurang baik dan perspektif pertumbuhan dan pmbelajaran cukup baik.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number Pra p 6152/2016
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 15 Jul 2019 08:30
Last Modified: 15 Jul 2019 08:30
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/381

Actions (login required)

View Item View Item