Model Pengadopsian Sistem Informasi e-SPT dalam Pelaporan Surat Pemberitahuan Wajib Pajak dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM)

Fahmi, Ifqan (2015) Model Pengadopsian Sistem Informasi e-SPT dalam Pelaporan Surat Pemberitahuan Wajib Pajak dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI Ifqan Fahmi -111124336.PDF - Published Version

Download (743kB)

Abstract

Pajak merupakan sumber utama penerimaan Negara yang bertujuan untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran pemerintah dan digunakan untuk membangun sarana umum demi kesejahteraan rakyat. Demi meningkatkan efisiensi sistem perpajakan, dirjen pajak membuat terobosan baru mengenai pengisian Surat Pemberitahuan dengan menggunakan media komputer yaitu e-SPT. Elektronik Surat Pemberitahuan (e-SPT) merupakan sistem informasi pelaporan pajak terutang wajib pajak dengan menggunakan media elektronik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui determinan-determinan yang memengaruhi minat wajib pajak untuk menggunakan e-SPT. Model yang digunakan untuk mengetahui determinan-determinan yang memengaruhi minat wajib pajak untuk menggunakan e-SPT adalah modified technology acceptance model (TAM). Variabel yang digunakan dalam mdoel TAM adalah perceived usefulness (persepsi manfaat), perceived ease of use (persepsi kemudahan penggunaan) dan variabel-variabel eksternal yaitu: keinovativan teknologi, kompatibilitas dan norma subjektif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari Sembilan uji hipotesis, hanya lima hipotesis yang berpengaruh signifikan dan empat diantaranya tidak berpangruh signifikan. Hipotesis tersebut adalah: a) Norma subyektif tidak berpengaruh terhadap pesrsepsi kemudahan penggunaan, namun berpengaruh terhadap persepsi manfaat. b) Kompatibilitas berpengaruh terhadap perspi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat. c) Keinovatifan teknologi tidak berpengaruh terhadap persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat. d) Persepsi kemudahan penggunaan tidak berpengaruh terhadap minat untuk menggunakan. e) Persepsi manfaat berpengaruh terhadap minat untuk menggunakan. f) Persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap persepsi manfaat.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number Fah m 6140/2015
Uncontrolled Keywords: e-SPT, technology acceptance model (TAM), perceived ease of use, perceived usefulness, keinovatifan teknologi, norma subyektif kompatibilitas
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 17 Jul 2019 02:31
Last Modified: 19 Jul 2019 02:45
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/394

Actions (login required)

View Item View Item