Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Auditor dalam Situasi Konflik Audit

Susanti, Wahyu Febri Eka (2015) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Auditor dalam Situasi Konflik Audit. Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI Wahyu Febri Eka Susanti - 311326150.pdf - Published Version

Download (553kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku auditor dalam situasi konflik audit, (2) interaksi antara faktor-faktor tersebut dan variabel kesadaran etis terhadap perilaku auditor dalam situasi konflik audit. Faktor-faktor tersebut terdiri atas locus of control, jenis kelamin, komitmen profesi, machiavellian, dan kesadaran etis. Populasi dalam penelitian ini adalah semua auditor yang bekerja di kantor akuntan publik yang berlokasi di Yogyakarta. Kuesioner yang disebar berjumlah 53 buah, yang kembali 50 buah. Metode pengumpulan data menggunakan convenience sampling. Data dianalisis menggunakan regresi berganda. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa locus of control, jenis kelamin, machiavellian, dan komitmen profesi tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku auditor dalam situasi konflik audit. Tetapi, penelitian ini menemukan bahwa kesadaran etis berpengaruh negatif terhadap perilaku auditor dalam situasi konflik audit. Disamping itu, penelitian ini tidak menemukan adanya interaksi antara locus of control dan kesadaran etis, tidak menemukan adanya interaksi antara jenis kelamin dan kesadaran etis, tidak menemukan adanya interaksi antara komitmen profesi dan kesadaran etis, dan tidak menemukan adanya interaksi antara machiavellian dan kesadaran etis berpengaruh terhadap perilaku auditor dalam situasi konflik audit.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number Eka f 6137/2015
Uncontrolled Keywords: perilaku auditor, situasi konflik audit, locus of control, komitmen profesi, jenis kelamin, machiavellian, kesadaran etis
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 17 Jul 2019 07:50
Last Modified: 13 Aug 2019 07:42
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/403

Actions (login required)

View Item View Item