Pengaruh Umur, Ukuran, Profitabilitas, dan Financial Leverage Perusahaan terhadap Praktik Perataan Laba (Studi Empiris: Perusahaan Manufaktur yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)

Cahyanti, Leni Dwi (2019) Pengaruh Umur, Ukuran, Profitabilitas, dan Financial Leverage Perusahaan terhadap Praktik Perataan Laba (Studi Empiris: Perusahaan Manufaktur yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018). Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI Leni Dwi Cahyanti - 111528085.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh umur, ukuran, profitabilitas, dan financial leverage secara parsial maupun simultan terhadap perataan laba yang dilakukan oleh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2014-2018. Umur perusahaan dihitung dengan cara mengurangkan tahun laporan keuangan yang diteliti dengan tahun berdirinya perusahaan berdasarkan akte. Ukuran perusahaan diukur berdasarkan total aset yang dimiliki, kemudian agar dapat diolah pada SPPS maka total aset dibuat logaritma natural (Ln). Profitabilitas perusahaan diukur menggunakan rasio Return On Equity (ROE) dan financial leverage perusahaan diukur dengan Debt to Equity Ratio (DER). Sampel ditentukan berdasarkan purposive sampling dan didapatkan sebanyak 60 perusahaan manufaktur dengan 300 kali pengamatan. Tehnik analisis data menggunakan regresi logistik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perataan laba yang dilakukan oleh perusahaan manufaktur selama tahun 2014-2018 dipengaruhi oleh ukuran, profitabilitas, dan financial leverage perusahaan sedangkan umur perusahaan tidak mempengaruhi perusahaan dalam melakukan perataan laba.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number CAH p 6403/2019
Uncontrolled Keywords: perataan laba, umur perusahaan, ukuran perusahaan, profitabilitas perusahaan, financial leverage perusahaan
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 21 Aug 2019 03:16
Last Modified: 21 Aug 2019 03:16
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/509

Actions (login required)

View Item View Item