Pengaruh Likuiditas, Aktivitas, dan Faktor-Faktor Ekonomi Makro terhadap Profitabilitas (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2018)

Premono, Yuniar Cikal Empu (2019) Pengaruh Likuiditas, Aktivitas, dan Faktor-Faktor Ekonomi Makro terhadap Profitabilitas (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2018). Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI Yuniar Cikal Empu Premono - 111528226.pdf - Published Version

Download (981kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, aktivitas, dan faktor ekonomi makro terhadap profitabilitas perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013 – 2018. Faktor makro ekonomi yang dimaksud (diproksikan) adalah inflasi. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI selama tahun 2013-2018. Berdasarkan seleksi yang telah dilakukan, diambil 11 perusahaan yang digunakan untuk menjadi sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, asumsi klasik dan analisis regresi berganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa likuiditas dan aktivitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas, sementara itu inflasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas. Secara simultan variabel likuiditas, aktivitas, dan inflasi berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number PRE p 6421/2019
Uncontrolled Keywords: likuiditas, aktivitas, inflasi, profitabilitas
Divisions: Program Sarjana > Laporan Magang Akuntansi
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 20 Sep 2019 08:35
Last Modified: 30 Sep 2019 04:45
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/532

Actions (login required)

View Item View Item