Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Free Cash Flow terhadap Manajemen Laba Efisiensi atau Oportunistik dengan Fixed Assets Turn Over sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Perusahaan Properti, Real Estate dan Konstruksi Bangunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018)

Agny, Citra Dhindha Firmana Puspa (2019) Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Free Cash Flow terhadap Manajemen Laba Efisiensi atau Oportunistik dengan Fixed Assets Turn Over sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Perusahaan Properti, Real Estate dan Konstruksi Bangunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018). Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI Citra Dhindha Firmana Puspa Agny - 111528002.pdf - Published Version

Download (705kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen laba yang dilakukan perusahaan apakah itu manajemen laba efisien atau manajemen laba oportunistik serta variabel apa saja yang mempengaruhi adanya perilaku manajemen laba yang dilakukan manajer perusahaan. Untuk mengetahui jenis manajemen laba yang dilakukan perusahaan akan dihitung menggunakan Diskresi Akrual (DA), sedangkan untuk variabel yang mempengaruhi manajemen laba yang dilakukan manajer perusahaan menggunakan Profitabilitas (ROA), Likuiditas (CR), dan Free Cash Flow (FCF). Variabel lain yang akan ditambahkan untuk memperkuat penelitian terhadap manajemen laba yang dilakukan oleh manajer perusahaan yaitu Fixed Assets Turn Over (FATO). Penelitian ini menggunakan perusahaan jasa yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2015-2018 pada sektor properti, real estate dan konstruksi bangunan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen laba yang dilakukan perusahaan cenderung oportunistik, profitabilitas berpengaruh terhadap manajemen laba oportunistik, dan free cash flow berpengaruh terhadap manajemen laba efisien sedangkan, likuditas tidak berpengaruh terhadap manajemen laba serta variabel fixed assets turn over tidak mempererat hubungan antara profitabilitas, likuiditas, dan free cash flow terhadap manajemen laba efisien atau oportunistik.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number AGN p 6427/2019
Uncontrolled Keywords: manajemen laba, oportunistik, efisien, profitabilitas, likuiditas, free cash flow, fixed assets turn over
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 23 Sep 2019 03:28
Last Modified: 30 Sep 2019 04:42
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/538

Actions (login required)

View Item View Item