Analisis Pengelolaan dan Pengendalian Piutang untuk Meningkatakan Efektivitas Penagihan Piutang Macet di PDAM Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo

Widayanti, Ike Herina (2019) Analisis Pengelolaan dan Pengendalian Piutang untuk Meningkatakan Efektivitas Penagihan Piutang Macet di PDAM Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo. Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI Ike Herina Widayanti - 311729564.pdf - Published Version

Download (815kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan dan pengendalian piutang yang terjadi di PDAM Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo, serta mengetahui tingkat efektivitas dalam penagihan piutang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis perputaran piutang, analisis rata-rata umur piutang, rasio penagihan, dan rasio tunggakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa PDAM Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo belum efektif dalam mengelola dan mengendalikan piutangnya. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil perhitungan rata-rata umur piutang yang belum sesuai dengan standar pengumpulan piutang yang telah ditetapkan oleh PDAM yaitu diatas 20 hari, serta tingkat perputaran piutang, rasio penagihan, dan rasio tunggakan yang masih mengalami fluktuasi.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number WID a 6439/2019
Uncontrolled Keywords: pengelolaan dan pengendalian piutang, efektivitas penagihan piutang
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 23 Sep 2019 05:16
Last Modified: 23 Sep 2019 05:16
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/550

Actions (login required)

View Item View Item