Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Kepemilikan Asing Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2015-2018)

Afrizal, Muhammad Rizki (2019) Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Kepemilikan Asing Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2015-2018). Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI Muhammad Rizki Afrizal - 111528152.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kebijakan aktivitas CSR yang diukur menggunakan indeks GRI terhadap ROA, ROE, dan NPM sebagai proksi dari kinerja keuangan perusahaan serta mengukur pengaruh kepemilikan asing dalam memoderasi hubungan antara CSR dengan kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel empat puluh dua perusahaan Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2015-2018. Tujuan utama dibentuknya sebuah perusahaan yaitu agar dapat mendapatkan kekayaan dan nilai perusahaan sebanyak-banyaknya. Kinerja keuangan merupakan salah satu pengukuran kinerja perusahaan yang disajikan dalam bentuk rasio-rasio keuangan. Perusahaan selalu berupaya untuk meningkatkan kinerja keuangan agar dapat mempertahankan bisnisnya. Salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan adalah menarik perhatian masyarakat dengan melakukan tanggung jawab sosial. Kebutuhan akan tanggung jawab sosial tersebut dan kerangka kerja etis yang mapan dalam bisnis sudah menjadi prioritas utama dalam masyarakat kita saat ini. Penelitian ini memperoleh bukti bahwa CSR memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap ROA, ROE, dan NPM sebagai proksi dari kinerja keuangan. Sedangkan kepemilikan asing dapat memoderasi pengaruh CSR terhadap ROA dan ROE, tetapi tidak memoderasi pengaruh CSR terhadap NPM. Hal ini terjadi karena stakeholder akan memberikan sinyal positif kepada perusahaan yang melakukan lebih banyak aktivitas CSR. Kepemilikan asing juga dapat memberikan pengaruh kepada perusahaan untuk melakukan aktivitas CSR sehingga akan berpengaruh juga terhadap kinerja keuangan, meskipun pengaruhnya masih cenderung rendah.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan
Uncontrolled Keywords: CSR, ROA, ROE, NPM, kepemilikan asing
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 01 Oct 2019 07:03
Last Modified: 01 Oct 2019 07:03
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/602

Actions (login required)

View Item View Item