Analisis Perbandingan Model Altman, Springate dan Grover dalam Memprediksi Financial Distress (Studi empiris: Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)

Sulistyorini, Septiana (2019) Analisis Perbandingan Model Altman, Springate dan Grover dalam Memprediksi Financial Distress (Studi empiris: Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018). Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI Septiana Sulistyorini - 111528352.pdf - Published Version

Download (987kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui apakah terdapat perbedaan score antara model Altman, Springate, dan Grover dalam memprediksi Financial Distress, (2) Mengetahui model prediksi yang paling akurat dalam memprediksi Financial Distress perusahaan industri manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Perbandingan ketiga model prediksi dilihat dari tingkat akurasi pada setiap model, dengan menggunakan kondisi yang sebenarnya di perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan yang di publikasikan di website Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan industri manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling sehingga didapat 30 perusahaan yang dijadikan sampel penelitian. Teknik analisis data menggunakan uji statistik parametris yaitu uji Paired Sample t-test dan uji keakuratan model prediksi dengan syarat data harus berdistribusi normal. Penelitian ini membandingkan score tiga model prediksi financial distress dengan menggunakan teknik statistik deskriptif, uji normalitas, dan dipasangkan analisis uji teknik sample t-test dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara model Altman, Springate, dan Grover dalam memprediksi financial distress, dan tingkat akurasi tertinggi dicapai model Springate dengan tingkat akurasi sebesar 72%.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number SUL a 6548/2019
Uncontrolled Keywords: financial distress, modal prediksi, laporan keuangan
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 09 Oct 2019 05:06
Last Modified: 09 Oct 2019 05:14
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/658

Actions (login required)

View Item View Item