Deteksi Kecurangan Laporan Keuangan Menggunakan Teori Fraud Pentagon

Afifah, Radisha Mayla (2019) Deteksi Kecurangan Laporan Keuangan Menggunakan Teori Fraud Pentagon. Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI Radisha Mayla Afifah - 111528117.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor kecurangan berupa tekanan, kesempatan, rasionalisasi, kemampuan, dan arogansi terhadap kecurangan laporan keuangan pada perusahaan manfaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016 sampai 2018. Data untuk penelitian ini adalah data sekunder yaitu laporan keuangan tahunan perusahaan yang diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.com). Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi logistik menggunakan SPSS versi 15.0. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 110 dari 173 perusahaan manufaktur periode 2016-2018. Sesuai dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua variabel dari delapan variabel yang memiliki pengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan. Variabel tersebut terdiri dari kualitas auditor eksternal dan frekuensi kemunculan gambar CEO. Sedangkan variabel lain yaitu target keuangan, stabilitas keuangan, tekanan eksternal, ketidakefektifan pengawasan, pergantian auditor eksternal, dan pergantian direksi tidak berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number AFI d 6549/2019
Uncontrolled Keywords: kecurangan laporan keuangan, target keuangan, stabilitas keuangan, tekanan eksternal, ketidakefektifan pengawasan kualitas auditor eksternal, pergantian auditor, pergantian direksi, frekuensi kemunculan gambar CEO
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 09 Oct 2019 05:13
Last Modified: 09 Oct 2019 05:13
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/659

Actions (login required)

View Item View Item