Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Ditinjau dari Status Demografi dalam Menggunakan Jasa Pelayanan Kesehatan (Studi Kasus Rumah Sakit Islam Namira Pancor Kabupaten Lombok Timur)

Ummah, Ayu Fathiyatul (2019) Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Ditinjau dari Status Demografi dalam Menggunakan Jasa Pelayanan Kesehatan (Studi Kasus Rumah Sakit Islam Namira Pancor Kabupaten Lombok Timur). Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI Ayu Fathiyatul Ummah - 211528121.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan tingkat kepuasan pasien rawat inap ditinjau dari status demografi dalam menggunakan jasa pelayanan kesehatan. Variabel bebas yang diteliti yaitu status demografi yang meliputi pendapatan (X1), umur (X2), pendidikan (X3), gender (X4) dengan variabel terikat yaitu kepuasan pasien dalam menggunakan jasa pelayanan kesehatan dilihat dari dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy. Penelitian studi kasus ini dilakukan pada pertengahan bulan Mei sampai pertengahan bulan Juni di RS Islam Namira Pancor Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 80 pasien diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis chi square dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat perbedaan tingkat kepuasan pasien rawat inap ditinjau dari tingkat pendapatan dalam menggunakan jasa pelayanan kesehatan, (2) terdapat perbedaan tingkat kepuasan pasien rawat inap ditinjau dari golongan umur dalam menggunakan jasa pelayanan kesehatan, (3) tidak terdapat perbedaan tingkat kepuasan pasien rawat inap ditinjau dari tingkat pendidikan dalam menggunakan jasa pelayanan kesehatan, (4) tidak terdapat perbedaan tingkat kepuasan pasien rawat inap ditinjau dari perbedaan gender dalam menggunakan jasa pelayanan kesehatan.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number UMM a 6552/2019
Uncontrolled Keywords: kepuasan, pendapatan, umur, pendidikan, gender
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Manajemen
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 09 Oct 2019 05:36
Last Modified: 09 Oct 2019 05:36
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/662

Actions (login required)

View Item View Item