Pengaruh Rasio Keuangan Daerah terhadap Indeks Pembangunan Manusia (Studi Empiris pada Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012-2017)

Hudaya, Djody Bintang (2019) Pengaruh Rasio Keuangan Daerah terhadap Indeks Pembangunan Manusia (Studi Empiris pada Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012-2017). Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI Djody Bintang Hudaya - 211528282.pdf - Published Version

Download (862kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh rasio kinerja keuangan daerah terhadap Indeks Pembangunan Manusia di seluruh kota/kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, dari tahun 2012-2017. Rasio kinerja keuangan daerah yang dipakai pada penelitian ini meliputi rasio derajat desentralisasi fiskal, rasio ketergantungan keuangan daerah, rasio kemandirian keuangan daerah, dan rasio keserasian alokasi belanja. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari Statistik Keuangan Daerah dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) masing-masing kota/kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan data panel. Berdasarkan hasil pengujian, model yang terbaik adalah Fixed Effect Model (FEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio derajat desentralisasi fiskal, rasio kemandirian keuangan daerah, dan rasio keserasian alokasi belanja berpengaruh positif signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Sementara itu, rasio ketergantungan keuangan daerah berpengaruh negatif signifikan terhadap indeks pembangunan manusia (IPM).

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number HUD p 6567/2019
Uncontrolled Keywords: rasio, derajat desentralisasi fiskal, kemandirian keuangan daerah, ketergantungan keuangan daerah, keserasian alokasi belanja, indeks pembangunan manusia
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Manajemen
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 16 Oct 2019 01:27
Last Modified: 16 Oct 2019 01:27
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/676

Actions (login required)

View Item View Item