Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Kasus: Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2016-2019)

Azizah, Kholifah Nur (2021) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Kasus: Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2016-2019). Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
Ringkasan Skripsi Kholifah Nur Azizah 311830634.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2016-2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam laporan tahunan perusahaan. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan kegiatan yang dilakukan perusahaan yang tidak hanya bertanggung jawab pada konsumen, pemegang saham atau karyawan saja namun juga pada lingkungan sekitarnya juga. Total penelitian sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 116 perusahaan dengan 3 tahun pengamatan dengan diperoleh 104 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel yang telah ditentukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dimana pendekatan ini menitikberatkan pada pengujian hipotesis. Data yang digunakan untuk menguji hipotesis ini adalah data sekunder, dimana data yang diperoleh adalah data dari hasil dokumentasi yaitu berasal dari dokumen-dokumen yang sudah ada. Data dalam penelitian ini diperoleh dari www.idx.co.id. Selain itu penelitian ini juga menggunakan metode content analysis yang dilakukan dengan metode checklist pada item-item pengungkapan CSR yang terdapat dalam laporan tahunan perusahaan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan CSR sangatlah beragam. Penelitian ini meneliti pada bagaimana pengaruh profitabilitas, leverage, dan juga ukuran perusahaan terhadap pengungkapan CSR yang dilakukan perusahaan. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa leverage dan juga ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR, sedangkan untuk profitabilitas memiliki pengaruh negatif terhadap pengungkapan CSR yang dilakukan perusahaan.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number AZI F 7274/2021
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan CSR, Profitabilitas, Leverage, Ukuran perusahaan
Subjects: AKUNTANSI > Pasar Modal
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email webmaster@stieykpn.ac.id
Date Deposited: 03 Mar 2023 06:17
Last Modified: 03 Mar 2023 06:17
URI: http://repositorybaru.stieykpn.ac.id/id/eprint/693

Actions (login required)

View Item View Item