Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Diversified dan Nondiversified M&A

Kelana, Berty Ria (2018) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Diversified dan Nondiversified M&A. Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI Berty Ria Kelana - 311527882.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi diversified dan nondiversified M&A dan perbedaan growth opportunity, firm size, dan profitabilitas sebelum dan setelah M&A yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013. Untuk memperoleh penelitian yang valid, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling sehingga diperoleh sebanyak 16 perusahaan yang melakukan M&A. Pengujian hipotesis menggunakan model binomial logistic regression dimana variabel dependen berbentuk kategori. Kategori tersebut adalah pengklasifikasian diversified dan nondiversified menggunakan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI). Pengujian menggunakan binomial logistic regression dilakukan dengan Uji Multikolinieritas, Goodness of Fit Test, Overall Model Fit Test, Analisis Model Regresi, dan Uji Koefisien Determinasi. Sedangkan pengujian perbedaan growth opportunity, firm size, dan profitabilitas menggunakan Paired Sample T Test dimana variabel yang digunakan adalah growth opportunity, firm size, dan profitabilitas selama tiga tahun sebelum dan setelah M&A. Hasil dari penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa growth opportunity yang diukur menggunakan Tobin’s Q dan profitabilitas (ROA) berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap penentuan diversified dan nondiversified M&A. Sedangkan firm size berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap penentuan diversified dan nondiversified M&A. Sementara itu, pada pengujian growth opportunity tidak terdapat perbedaan sebelum dan sesudah M&A. Namun, firm size dan profitabilitas terdapat perbedaan.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number KEL f 6277/2018
Uncontrolled Keywords: growth opportunity, firm size, profitabilitas, diversified dan nondiversified m&a, binomial logistic regression, wilcoxon signed ranks test
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 27 Jun 2019 04:55
Last Modified: 27 Jun 2019 04:55
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/76

Actions (login required)

View Item View Item