Perhitungan Biaya Satuan Unit (Unit Cost) dengan Menggunakan Step Down Method sebagai Dasar Penentuan Pola Tarif di BLUD Puskesmas Jambukulon Tahun 2018

Shafasty, Annisa (2020) Perhitungan Biaya Satuan Unit (Unit Cost) dengan Menggunakan Step Down Method sebagai Dasar Penentuan Pola Tarif di BLUD Puskesmas Jambukulon Tahun 2018. Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
Ringkasan Skripsi Anissa Shafasty.pdf

Download (559kB)

Abstract

Puskesmas adalah unit pelaksana teknis dinas kesehatan kabupaten atau kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di wilayah kesehatan. Tujuan pembangunan kesehatan yang diadakan oleh puskesmas merupakan kebijakan kesehatan yang harus di lakukan di wilayah kerjanya dalam rangka mendukung kecamatan sehat dengan cara mewujudkan perilaku sehat kepada masyarakat. Sistem penetapan tarif untuk layanan kesehatan sering menjadi konflik antara masyarakat dengan BLU (badan layanan umum) mengenai besarnya biaya yang secara riil dikeluarkan oleh BLU. Analisis biaya satuan (unit cost) merupakan salah satu hal yang penting dalam penetapan tarif puskesmas, tarif puskesmas ditentukan berdasarkan layanan yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah menghitung biaya satuan (unit cost) pada unit pelayanan rawat jalan di Puskesmas Jambukulon Klaten. Metode penelitian analisis biaya satuan yang digunakan adalah metode step down. Perhitungan biaya satuan (unit cost) menggunakan bantuan aplikasi Hospical V2, yang didesain menggunakan Microsoft Excel. Dari hasil perhitungan biaya satuan (unit cost) pada unit pelayanan rawat jalan di Puskesmas Jambukulon pada tahun 2018 untuk pelayanan poliklinik umum dan mata sebesar Rp 874.922,00, pelayanan poliklinik gigi sebesar Rp 294.307,00, pelayanan poliklinik KIA sebesar Rp 524.395,00, pelayanan fisioterapi sebesar Rp 73.837,00 dan pelayanan gizi sebesar Rp 178.831,00.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number SHA p 6603/2020
Uncontrolled Keywords: unit cost, rawat jalan, metode step down
Subjects: AKUNTANSI > Akuntansi Biaya
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Erin Triyana
Date Deposited: 03 Mar 2020 07:17
Last Modified: 13 Mar 2020 07:59
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/762

Actions (login required)

View Item View Item