Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Biaya Audit Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bei Tahun 2013-2018

Arumdhani, Kharimah (2020) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Biaya Audit Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bei Tahun 2013-2018. Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
Ringkasan Skripsi Kharimah Arumdhani.pdf

Download (798kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya biaya audit eksternal yang ditanggung oleh perusahaan. Faktor-faktor yang diuji untuk menganalisis pengaruhnya terhadap biaya audit adalah ukuran perusahaan, jumlah anak perusahaan dan jenis KAP. Ukuran perusahaan diukur dengan total aset yang dimiliki oleh perusahaan, Jumlah anak perusahaan diukur dengan banyaknya anak perusahaan, serta jenis KAP ditinjau dari KAP yang termasuk atau telah berafiliasi dengan Big Four dan KAP yang bukan atau tidak berafiliasi dengan Big Four. Populasi penelitian adalah perusahaan manufaktur terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2013-2018 dimana teknik pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sebanyak 67 perusahaan digunakan sebagai sample dalam penelitian ini. Data yang digunakan berkarakteristik data panel dengan metode analisis regresi panel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, jumlah anak perusahaan dan jenis KAP memiliki pengaruh positif signifikan terhadap besarnya biaya audit eksternal.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number ARU f 6610/2020
Uncontrolled Keywords: biaya audit, ukuran perusahaan, jumlah anak perusahaan, jenis KAP dan model fixed effect weihgted
Subjects: AKUNTANSI > Akuntansi Biaya
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Erin Triyana
Date Deposited: 11 Mar 2020 05:41
Last Modified: 13 Mar 2020 08:07
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/773

Actions (login required)

View Item View Item