Memprediksi Kondisi Keuangan Perusahaan dengan Model Altman, Model Zmijewski, dan Model Springate (Studi pada Perusahaan Ritel yang Terdaftar di Bei Tahun 2014 – 2018)

Wardana, Wisnu (2020) Memprediksi Kondisi Keuangan Perusahaan dengan Model Altman, Model Zmijewski, dan Model Springate (Studi pada Perusahaan Ritel yang Terdaftar di Bei Tahun 2014 – 2018). Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
Ringkasan Skripsi Wisnu Wardana.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model Altman, Model Zmijewski, dan Model Springate dapat digunakan untuk memprediksi financial distress pada perusahaan ritel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2014 – 2018. Tujuan lain yang dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui model prediksi mana yang memiliki tingkat keakuratan paling tinggi diantara 3 model prediksi tersebut dengan memperhitungkan tingkat error dari setiap model prediksi. Data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari laporan keuangan perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling di mana peneliti memberikan kriteria tertentu agar hasil penelitian sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Terdapat 17 perusahaan ritel yang memenuhi kriteria dengan jumlah tahun pengamatan sebanyak 5 sehingga total sampel berjumlah 85. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi logistik dan uji keakuratan model prediksi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Model Altman, Model Zmijewski, dan Model Springate dapat digunakan dalam memprediksi financial distress pada perusahaan ritel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2014 – 2018. Tingkat keakuratan model prediksi yang paling tinggi dicapai oleh Model Springate dengan keakuratan mencapai 81,18% dan tingkat error sebesar 18,82%. Model prediksi lainnya yaitu Model Zmijewski memiliki keakuratan sebesar 63,53% dan Model Altman sebesar 48,24%.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number WAR a 6323/2018
Uncontrolled Keywords: financial distress, regresi logistik
Subjects: AKUNTANSI > Akuntansi Biaya
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Erin Triyana
Date Deposited: 13 Mar 2020 10:11
Last Modified: 13 Mar 2020 10:11
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/782

Actions (login required)

View Item View Item