Pengaruh Karakteristik Komite Audit dan Perusahaan terhadap Kecurangan Pelaporan Keuangan pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia (Periode 2013-2016)

Meliala, Citra Chintya Devi Br Sembiring (2018) Pengaruh Karakteristik Komite Audit dan Perusahaan terhadap Kecurangan Pelaporan Keuangan pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia (Periode 2013-2016). Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI Citra Chintya Devi Reinanda Br Sembiring Meliala - 111427158.pdf - Published Version

Download (647kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik komite audit dan perusahaan terhadap kecurangan pelaporan keuangan. Karakteristik komite audit terdiri dari komite audit independen, keahlian keuangan, dan masa jabatan, sedangkan karakteristik perusahaan terdiri dari kepemilikan manajerial, leverage perusahaan, dan ukuran perusahaan. Indeks Beneish M-score digunakan untuk menentukan perusahaan yang melakukan kecurangan pelaporan keuangan dan perusahaan yang tidak melakukan kecurangan pelaporan keuangan. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013 sampai 2016. Berdasarkan teknik purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 70 perusahaan, terdiri dari 35 perusahaan melakukan kecurangan pelaporan keuangan dan 35 perusahaan yang tidak melakukan kecurangan pelaporan keuangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi logistik karena variabel dependen merupakan variabel dummy. Hasil pengujian menunjukkan bahwa karakteristik komite audit (komite audit independen, keahlian keuangan, dan masa jabatan) memiliki pengaruh signifikan terhadap kecurangan pelaporan keuangan. Karakteristik perusahaan yaitu ukuran perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecurangan pelaporan keuangan, sedangkan karakteristik perusahaan lainnya (kepemilikan manajerial dan leverage perusahaan) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecurangan pelaporan keuangan.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number MEL p 6294/2018
Uncontrolled Keywords: kecurangan pelaporan keuangan, komite audit independen, keahlian keuangan, masa jabatan, kepemilikan manajerial, leverage perusahaan, ukuran perusahaan
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 27 Jun 2019 05:29
Last Modified: 27 Jun 2019 05:29
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/81

Actions (login required)

View Item View Item