Pengaruh Pendapatan Asli Daerah Dan Dana Alokasi Umum terhadap Belanja Modal di Kabupaten dan Kota Se-Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat Tahun 2014-2018

Annisa, Monilia (2020) Pengaruh Pendapatan Asli Daerah Dan Dana Alokasi Umum terhadap Belanja Modal di Kabupaten dan Kota Se-Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat Tahun 2014-2018. Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
Ringkasan Skripsi Monilia Annisa.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Otonomi daerah digunakan oleh pemerintah daerah untuk menyejahterakan masyarakat melalui peningkatan fasilitas prasarana dan sarana. Tingkat kesejahteraan masyarakat dapat dihitung menggunakan indeks pembangunan manusia (IPM). IPM pada daerah yang digunakan dalam riset ini termasuk dalam peringkat sepuluh provinsi terendah di Indonesia. Tujuan riset ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pendapatan asli daerah (PAD) dan dana alokasi umum (DAU) terhadap belanja modal (BM). Daerah yang dipilih yaitu kabupaten dan kota se-Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat. Riset ini mengambil data laporan realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahunan di Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan selama periode 2014-2018. Riset ini mengambil seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat sebagai populasi. Sampel dipilih menggunakan purposive sampling sehingga ditentukan dua karakteristik untuk mengambil sampel. Pengambilan sampel dengan cara tersebut menghasilkan total 457 data. Hasil pengujian secara parsial riset ini menunjukkan bahwa PAD berpengaruh negatif dan signifikan terhadap BM dan DAU berpengaruh positif dan signifikan terhadap BM. PAD yang negatif mengindikasikan bahwa terdapat fenomena flypaper effect dalam riset ini. Pengujian secara simultan menunjukkan PAD dan DAU berpengaruh positif dan signifikan terhadap BM.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number ANN p 6651/2020
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Belanja Modal (BM)
Subjects: AKUNTANSI > Akuntansi Keuangan Daerah
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Erin Triyana
Date Deposited: 09 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Apr 2020 04:29
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/815

Actions (login required)

View Item View Item