Pengaruh Intellectual Capital terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Saputra, Ozy Dwi (2020) Pengaruh Intellectual Capital terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI OZY DWI SAPUTRA.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Intellectual capital menjadi modal yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk mencapai keunggulan kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi dan menganalisis Value Added Intellectual Coefficient (VAICTM) dalam pengukuran kinerja keuangan perusahaan manufaktur subsektor industri dasar dan kimia selama empat tahun yaitu dari 2015 sampai dengan 2018. Data ini menggunakan laporan tahunan, khususnya laporan laba/rugi dan neraca yang diperoleh melalui website resmi perusahaan dan Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah 65 perusahaan dan setelah dilakukan pemilihan sampel secara purposive sampling didapatkan sampel sebanyak 23 perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda. Tujuan penelitian ini adalah menguji VACA, VAHU, dan STVA secara parsial dan simultan terhadap kinerja laporan keuangan perusahaan yang direpresentasikan melalui rasio profitabilitas ROE. Hasil penelitian ini secara simultan menunjukkan bahwa variabel dependen ROE paling tidak dipengaruhi oleh salah satu dari variabel independen VACA, VAHU, dan STVA. Secara parsial hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hanya variabel independen VAHU yang tidak berpengaruh terhadap rasio profitabilitas ROE. Hal ini berarti bahwa tidak semua komponen intellectual capital memiliki pengaruh terhadap ROE, sehingga untuk mendapatkan hasil pengelolaan intellectual capital yang optimal diperlukan keterlibatan semua komponen VACA, VAHU, dan STVA.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number SAP p 6653/2020
Uncontrolled Keywords: Intellectual Capital, Value Added Intellectual Coefficient (VAICTM), Value Added Capital Employed (VACA), Value Added Human Capital (VAHU), Structural Capital Value Added (STVA), dan Return on Equity (ROE)
Subjects: AKUNTANSI > Pasar Modal
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Erin Triyana
Date Deposited: 16 Apr 2020 02:41
Last Modified: 16 Apr 2020 02:41
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/826

Actions (login required)

View Item View Item