Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Opini Audit Going Concern pada Perusahaan Manufaktur (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017)

Arnemy, Dennys Kumala (2018) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Opini Audit Going Concern pada Perusahaan Manufaktur (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017). Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI Dennys Kumala Arnemy - 111325982.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Auditor tidak hanya bertanggungjawab untuk mengungkapkan informasi yang terbatas pada hal-hal yang ditampakkan dalam laporan keuangan, tetapi auditor juga harus mengungkapkan informasi seperti eksistensi dan kontinuitas entitas perusahaan. Oleh karena itu, auditor diharapkan mampu menilai kemampuan entitas perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan usahanya. Perusahaan yang menerima opini audit going concern menunjukkan adanya keraguan auditor akan kelangsungan hidup perusahaan, sehingga dapat mempengaruhi para pengguna laporan keuangan dalam mengambil keputusan. Pengungkapan opini going concern perlu dilakukan dengan hati-hati sebab, hal ini berkaitan dengan investor dan kreditor yang akan memberikan dananya kepada perusahaan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, kualitas audit, debt default, rasio likuiditas, rasio solvabilitas, financial distress, dan opini audit tahun sebelumnya terhadap penerimaan opini audit going concern pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 144 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Namun, setelah digunakan metode purposive sampling, didapatkan sampel sebanyak 94 perusahaan per tahun sehingga populasi pada penelitian ini sebanyak 470 sampel selama 5 tahun. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi logistik. Hasil penelitian ini menggunakan tingkat signifikansi 5% menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, kualitas audit, debt default, rasio likuiditas, rasio solvabilitas, dan financial distress tidak berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern, sedangkan opini audit tahun sebelumnya berpengaruh positif terhadap penerimaan opini audit going concern.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number ARN f 6318/2018
Uncontrolled Keywords: opini audit going concern, ukuran perusahaan, kualitas audit, debt default, rasio likuiditas, rasio solvabilitas, financial distress, opini audit tahun sebelumnya
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 27 Jun 2019 05:45
Last Modified: 27 Jun 2019 05:45
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/83

Actions (login required)

View Item View Item