Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure terhadap Nilai Perusahaan yang Dimoderasi oleh Kepemilikan Institusi Domestik dan Kepemilikan Publik

Putra, Bima Radika (2020) Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure terhadap Nilai Perusahaan yang Dimoderasi oleh Kepemilikan Institusi Domestik dan Kepemilikan Publik. SKRIPSI thesis, STIE YKPN.

[img] Text
Ringkasan Skripsi Bima Radika Putra(111628985).pdf

Download (1MB)

Abstract

Banyaknya dampak yang merugikan atas aktivitas perusahaan menuntut perusahaan untuk peduli terhadap kepentingan pihak yang merasakan dampak yang merugikan perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus bertanggung jawab terhadap kegiatan yang dilakukan agar bisnis yang dikelola dapat berjalan secara berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate social responsibility disclosure terhadap nilai perusahaan yang dimoderasi oleh kepemilikan institusi domestik dan kepemilikan publik. Corporate social responsibility disclosure diukur menggunakan cheklist standar yang telah disesuaikan di Indonesia yang terdiri atas 78 item, sedangkan nilai perusahaan diproksi dengan rasio Tobins’Q. Perusahaan yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan tambang yang terdaftar di BEI pada tahun 2016 sampai dengan 2018. Terdapat 24 perusahaan yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini digunakan Eviews sebagai alat analisis model, analisis asumsi klasik serta analisis hipotesis. Analisis statistik deskriptif dilakukan untuk memahami karakteristik masing-masing variabel dalam penelitian. Hasil analisis yang diperoleh dari penelitian ini bervariatif, yaitu corporate social responsibility disclosure berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Selanjutnya, kepemilikan institusi domestik mampu memoderasi pengaruh corporate social responsibility disclosure terhadap nilai perusahaan, sedangkan kepemilikan publik tidak mampu memoderasi pengaruh corporate social responsibility disclosure terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (SKRIPSI)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number PUT p 6659/2020
Uncontrolled Keywords: Corporate social responsibility disclosure, nilai perusahaan, kepemilikan institusi domestik dan kepemilikan publik.
Subjects: AKUNTANSI > Akuntansi Sektor Publik
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Firman
Date Deposited: 22 Jul 2020 02:17
Last Modified: 22 Jul 2020 02:23
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/877

Actions (login required)

View Item View Item