Analisis Determinan Underpricing pada Saat Initial Public Offering (IPO) di BEI dengan Tingkat Inflasi sebagai Variabel Moderasi

Faradiba, Nisa (2020) Analisis Determinan Underpricing pada Saat Initial Public Offering (IPO) di BEI dengan Tingkat Inflasi sebagai Variabel Moderasi. Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI Nisa Faradiba – 311830615.pdf

Download (1MB)

Abstract

Underpricing adalah fenomena yang sering terjadi pada saat IPO di pasar modal dan sudah banyak dibuktikan oleh peneliti di berbagai negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi underpricing dengan inflasi sebagai variabel moderasi. Variabel independen dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan, rasio profitabilitas yang diproksikan dengan ROE (return on equity), rasio financial leverage yang diproksikan dengan DER (debt to equity ratio), reputasi underwriter, dan reputasi auditor. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah underpricing pada saat initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel pada penelitian ini adalah 150 perusahaan yang tercatat melakukan initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2017-2020. Metode sampling yang digunakan untuk mendapatkan sampel adalah purposive sampling. Data penelitian diproses menggunakan analisis PLS (partial least square) dengan bantuan WarpPLS 7.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, rasio profitabilitas, dan reputasi underwriter berpengaruh negatif terhadap underpricing, rasio financial leverage berpengaruh positif terhadap underpricing, dan reputasi auditor tidak memiliki pengaruh terhadap underpricing. Inflasi sebagai variabel moderasi mampu memoderasi dan memperlemah hubungan antara rasio profitabilitas, financial leverage, reputasi underwriter, reputasi auditor dan underpricing akan tetapi inflasi tidak memoderasi hubungan antara ukuran perusahaan dan underpricing.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number FAR a 6673/2020
Uncontrolled Keywords: underpricing, aspek keuangan, aspek non keuangan, inflasi, IPO
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan STIE YKPN
Date Deposited: 10 Feb 2021 03:26
Last Modified: 05 Mar 2021 08:32
URI: http://repository.stieykpn.ac.id/id/eprint/971

Actions (login required)

View Item View Item