Pengaruh Dimensi-Dimensi Motivation Hedonic Shopping Terhadap Online Impulsive Buying

Fauji, Silviyanti (2022) Pengaruh Dimensi-Dimensi Motivation Hedonic Shopping Terhadap Online Impulsive Buying. Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

[img] Text
Ringkasan Skripsi Silviyanti Fauji 211830458.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelian impulsif dipengaruhi oleh faktor hedonism dalam diri seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari dimensi-dimensi motivasi belanja hedonis terhadap pembelian impulsif online. Populasi yang dipilih merupakan orang-orang yang pernah melakukan pembelian secara impulsif melalui online di semua e-commerce. Penelitian ini menggunakan variabel social shopping, adventure shopping, value shopping, relaxation shopping, dan idea shopping sebagai variabel independen. Gender sebagai variabel yang memoderasi antara pengaruh dimensi-dimensi motivasi belanja hedonis terhadap pembelian impulsive online. Sedangkan impulsive online shopping sebagai variabel dependen. Data pada penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari kuesioner melalui google form. Sampel penelitian menggunakan teknik accidental sampling dari orang yang pernah berbelanja impulsif secara online. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM), menggunakan software atau aplikasi WarpPLS 7.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social shopping, adventure shopping, value shopping, dan relaxation shopping berpengaruh positif terhadap online impulsive buying. Tetapi idea shopping tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap online impulsive buying. Pada hasil moderasi diperoleh hasil dimana pada perempuan social shopping, adventure shopping dan relaxation shopping berpengaruh positif terhadap online impulsive buying. Sedangkan pada laki-laki value shopping dan relaxation shopping berpengaruh positif terhadap online impulsive buying.

Item Type: Thesis (Ringkasan Skripsi)
Additional Information: Skripsi dapat dibaca di Perpustakaan dengan call number Fau P 7344/2022
Uncontrolled Keywords: pembelian impulsif online, social shopping, adventure shopping, value shopping, relaxation shopping, idea shopping, gender.
Subjects: MANAJEMEN > Manajemen Keuangan
Divisions: Program Sarjana > Ringkasan Skripsi Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email webmaster@stieykpn.ac.id
Date Deposited: 29 Mar 2023 07:04
Last Modified: 29 Mar 2023 07:04
URI: http://repositorybaru.stieykpn.ac.id/id/eprint/773

Actions (login required)

View Item View Item