Memahami Perilaku Penerimaan Mobile Payment di Kalangan Muda (Mahasiswa) Menggunakan Pengembangan Model IMMPA

Widyawati, Dewi and Winarno, Wing Wahyu (2020) Memahami Perilaku Penerimaan Mobile Payment di Kalangan Muda (Mahasiswa) Menggunakan Pengembangan Model IMMPA. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 4 (2). pp. 453-460. ISSN ISSN 2614-5278 (media cetak), ISSN 2548-8368 (media online)

[img] Text
Memahami Perilaku Penerimaan Mobile Payment di Kalangan Muda (Mahasiswa) Menggunakan Pengembangan Model IMMPA.pdf

Download (779kB)
Official URL: https://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/mi...

Abstract

Sejak munculnya perdagangan digital dalam bentuk m-commerce, layanan mobile payment mulai mendapatkan perhatian global. Mudahnya akses ke layanan mobile payment, manfaat yang ditawarkan, dan kejelasan regulasi yang mengaturnya ternyata belum sepenuhnya menarik minat semua masyarakat Indonesia untuk menggunakannya. Mengubah perilaku bertransaksi ke mobile payment sejalan dengan akses ekonomi digital, yang berpotensi akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara bahkan sampai ke level makro. Studi ini akan mengindentifikasi determinan penerimaan dan penggunaan aktual dari layanan mobile payment pada kalangan muda. Pengguna yang lebih muda lebih cenderung untuk menerima dan mengadopsi teknologi dan layanan teknologi terutama kalangan muda yang berada di linkungan kampus, sehingga mahasiswa akan diambil sebagai responden pada penelitian ini. Studi ini menggunakan Integrated Model on Mobile Payment Acceptance (IMMPA) oleh Di Pietro et al. (2015) dan menambahkan satu konstruk yang relevan dengan faktor yang mempengaruhi penggunaan layanan mobile payment yaitu Trust. Konstruk baru lainnya yang dikembangkan dari model IMMPA adalah Perceived Security yang dihubungkan dengan Trust. Kerangka teoritis diuji menggunakan Structural Equation Model (SEM). Temuan penelitian menunjukkan bahwa, Intention To Use berpengaruh kuat terhadap User’s Behavior, sementara Intention to Use dipengaruhi kuat oleh Trust. Perceived security berpengaruh terhadap Trust. Ease of Use berpengaruh terhadap Usefulness.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Mobile Payment, IMMPA, User’s Behavior, Trust, SEM
Subjects: MANAJEMEN > Sumber Daya Manusia
Divisions: Dosen STIE YKPN > Artikel > Jurnal
Depositing User: Unnamed user with email webmaster@stieykpn.ac.id
Date Deposited: 10 Apr 2023 05:57
Last Modified: 10 Apr 2023 05:57
URI: http://repositorybaru.stieykpn.ac.id/id/eprint/942

Actions (login required)

View Item View Item